Bagian ini akan memberikan penjelasan untuk membuat slide presentasi yang mencakup penempatan tanggal pada setiap slide presentasi yang dibuat, catatan-catatan seperti footer, header, dan komentar.

Dengan dilengkapinya slide presentasi yang dibuat akan memberikan catatan tertentu apabila suatu saat Anda diminta untuk membuka kembali dan kapan slide tersebut dipresentasikan. Oleh karena itu penempatan tanggal, catatan-catatan merupakan hal yang perlu diperhatikan.

1. Menempatkan Tanggal dan Waktu pada Slide

Untuk menambahkan tampilan tanggal dan waktu pada slide yang dibuat prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan Microsoft PowerPoint 2003
  2. Buka atau tampilkan file presentasi Anda, misalnya LATIHAN2
  3. Tampilkan Menu View
  4. Pilih dan klik Header and Footer. Setelah itu kotak dialog Header and Footer akan ditampilkan program
  5. Pada kotak dialog seperti diatas klik tab Slide
  6. Pada kotak Include on slide klik kotak cek Date and Time untuk menampilkan tanggal dan waktu pada slide Anda.
  7. Beri tanda cek atau cukup klik tombol Update Automatically, apabila tanggal dan waktu yang ditampilkan secara otomatis menyesuaikan dengan tanggal dan waktu sistem komputer Anda.
  8. Anda dapat menampilkan tanggal dan waktu dengan tampilan tanggal dan waktu yang sesuai dengan mengklik tombol pilihan Fixed.
  9. Klik tombol Apply jika tanggal dan waktu hanya ditampilkan pada halaman pertama saja. Namun apabila tanggal dan waktu akan ditampilkan di seluruh slide presentasi, klik tombol Apply to All.

2. Menampilkan Nomor Halaman pada Setiap Slide

Untuk menampilkan nomor halaman pada setiap slide presentasi, prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Tampilkan Menu View
  2. Pilih dan klik Header and Footer. Setelah itu kotak dialog Header and Footer akan ditampilkan program
  3. Pada kotak dialog Header and Footer klik tab Slide.
  4. Pada kotak Include on slide, klik kotak cek Slide Number
  5. Klik tombol Apply. Namun apabila nomor halaman akan ditampilkan di seluruh slide presentasi Anda, klik tombol Apply to All.

3. Menempatkan Footer

Anda dapat menempatkan keterangan berbentuk footer pada slide presentasi yang sedang ditangani. Prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Tampilkan Menu View
  2. Pilih dan klik Header and Footer. Setelah itu kotak dialog Header and Footer segera ditampilkan program.
  3. Pada kotak dialog Header dan Footer klik tab Slide.
  4. Pada kotak Include on Slide klik kotak cek Footer .
  5. Ketikkan keterangan untuk footer tersebut, misalnya Datakom Lintas Buana
  6. Klik tombol Apply atau Apply to All apabila akan menempatkan footer di seluruh Slide Presentasi Anda.
  7. 4. Membuat Catatan pada Slide
  8. Untuk menempatkan catatan atau komentar pada slide presentasi yang Anda buat, prosedurnya adalah sebagai berikut:
  9. Tampilkan slide yang akan Anda tangani.
  10. Tampilkan Menu Insert
  11. Pilih dan klik Comment, kotak isian untuk komentar atau catatan akan ditampilkan
  12. Pada kotak tersebut, ketikkan catatan yang sesuai dengan slide presentasi tersebut, misalnya Ditampilkan pada presentasi akhir tahun buku
  13. Untuk mengakhiri penulisan catatan, klik di luar kotak isian tersebut.
  14. Menampilkan dan Menyembunyikan Catatan pada Slide
  15. Untuk menampilkan dan menyembunyikan catatan yang sudah dibuat prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  16. Tampilkan Menu View
  17. Pilih dan klik Comments

4.1.Menghapus Catatan pada Slide

Untuk menghapus komentar atau catatan pada slide prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Jika catatan atau komentar tidak terlihat, tampilkan terlebih dahulu catatan tersebut dengan memilih Menu View
  2. Pilih dan klik Comment
  3. Klik objek catatan atau komentar yang akan dihapus
  4. Tampilkan Menu Edit
  5. Pilih atau klik Clear (Del)

0 Comments:

Post a Comment